Wednesday 7 May 2014

AL KHAWARIZMI

Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi (محمد ين موسى الخوارزمي ) adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Kharizm (sekarang Khiva,Uzbekistan ) dan wafat sekitar tahun 850. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di sekolah Kehormatan di Baghdad.

            Buku pertamanya, al jabar, membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kudrat. Sehingga baliau di sebut bapak Aljabar. Translasi bahasa Latin dari Aritmatika beliau yang memperkenalkan angka india, kemudian diperkenalkan sebagai system penomoran posisi Desimal dari dunia Barat pada abad ke-12. Beliau merevisi dan menyesuaikan Geografi Ptolemeus sebaik mengerjakan tulisan-tulisan tenteang astronomi dan astrologi.

            Kontribusi beliau tak hanya berdampak besar pada matematika, tapi juga dalam kebahasaan. Kata Aljabar berasal dari kata al-jabr, satu dari dua operasi dalam matematika untuk menyelesaikan notasi kuadrat, yang tercantum dalam buku baliau. Kata logarisme dan logaritma di ambil dari kata Algorismi, Latinisasi dari nama beliau. Nama beliau juga di serap dalam bahasa Spanyol Guarismo dan dalam bahasa Portugis, Algorismo yang berarti digit.

            Sedikit yang dapat diketahui dari beliau, bahkan lokasi tempat lahirnya sekalipun. Nama beliau mungkin berasal dari Khawarizm (Khiva) yang berada di Provinsi Khurasan pada masa kekuasaan Bani Abbasiyah (sekarang Xorazm, salah satu Provinsi di Uzbekistan). Gelar beliau adalah Abu ‘abd Allah (ابو عبد الله) atau Abu Ja’far.

            Metode beliau dalam menyelesaikan linear dan notasi kuadrat dilakukan dengan meredusi notasi ke dalam 6 bentuk standar (dimana b dan c adalah angka positif)

            Angka ekual kuadrat (ax2=c)
            Angka ekual akar (bx=c)
            Kuadrat dan akar ekual (ax2 + bx = c)
            Kuadrat dan angka akar ekual (ax2 + c = bx)
            Akar dan angka kuadrat ekual (bx + c = ax2)
            Kuadrat ekual akar (ax2 = bx)

            Dengan membagi koefisien dari kudrat dan menggunakan dua operasi Aljabar (الجبر penyimpanan atau melengkapkan) dan Al-Muqabala (menyeimbangkan). Aljabar adalah proses memindahkan unit negative, akar dan kuadrat dari notasi dengan menggunakan nilai yang sama di kedua sisi. Contohnya, 2x = 40x 4x2 di sederhanakan menjadi 5x2 = 40x. Al-muqabala adalah proses memberikan kuantitas dari tipe yang sama ke sisi notasi. Contohnya, x2 + 14 = x + 5 di sederhanakan ke x2 + 9 = x.









Sumber : Http://mathbox.wordpress.com (dengan perubahan)

No comments: